Friday, September 9, 2016

Berwisata ke Hutan Papua

Hutan hujan tropis merupakan habitat alami bagi ribuan spesies tumbuhan hewan. Di Indonesia, ada satu wilayah yang sebagian besar datarannya masih ditutupi hutan lebat. Wilayah itu namanya Kabupaten Tambrauw. Kabupaten ini terletak di Provinsi Papua Barat antara Sorong dan Manokwari. Meskipun tidak sepopuler Raja Ampat, kabupaten ini diam-diam telah dikunjungi oleh wisatawan asing yang datang dari berbagai negara. Beberapa di antaranya berasal dari Luxembourg, Amerika Serikat, Hongkong, Belanda, Prancis, Selandia Baru dan Jerman.
Hutan Hujan Tropis
Kawasan hutan di Tambrauw merupakan habitat alami bagi bermacam species tumbuhan dan hewan. Beberapa jenis tumbuhan yang dikenal antara lain: pandan buah merah (Pandanus conoideus), bambu, kelapa, pisang, ketapang, barringtonia asiatica.
Tumbuh-tumbuhan di daerah pegunungan  Tambrauw juga unik sekali, salah satu yang menarik perhatian adalah pohon Pisang Raksasa.
Pengamatan Burung dan Satwa Liar
Kebanyakan wisatawan asing yang berkunjung ke Tambrauw ingin melihat burung yang berbulu indah seperti: Cendrawasih Kuning (Lesser Birds of Paradise/ Paradisaea minor), Cendrawasih Merah Raja (Cicinnurus regius), Magnificent Riflebird (Ptiloris magnificus), Kakaktua Putih (Sulphur Crested Cockatoo/ Cacatua galerita), Kakaktua Raja (Palm Cockatoo/ Probosciger aterrimus), Taun-taun (Rhyticeros plicatus)
Terumbu Karang
Perairan Tambrauw juga ditumbuhi oleh berbagai jenis terumbu karang yang berwarna-warni. Terumbu karang ini adalah rumah bagi berbagai macam ikan dan satwa laut lainnya seperti damselfish, butterflyfish, anemone fish, parrotfish, urchin, teripang, bintang laut dan lain-lain.
Berwisata ke Tambrauw
Kebanyakan wisatawan yang ke Tambrauw menikmati berkemah di tepi sungai yang berair jernih selama 2 atau 3 hari kemudian dilanjutkan dengan snorkeling selama 1 atau 2 hari di pinggir pantai.
Adapun rentetan perjalanan wisatanya adalah sbb:
Hari 1
Tiba di Sorong
Transfer ke Tambrauw dengan kapal atau kendaraan bermotor
Transfer ke hutan
Hari 2
Berkemah dan Jelajah sungai dan hutan
Pengamatan burung surga dan satwa liar
Hari 3
Berkemah dan Jelajah sungai dan hutan
Pengamatan burung surga dan satwa liar
Hari 4
Transfer ke tepi pantai
Snorkeling
Hari 5
Transfer ke kota Sorong
Hari 6
Transfer ke bandara

Biaya
Biaya rata-rata adalah 5 juta rupiah per orang untuk grup minimal 4 orang. Biaya ini sudah termasuk transportasi, akomodasi sederhana, tenda berkemah, pemandu (guide), makanan, kontribusi untuk orang kampung.
Biaya ini tidak termasuk tiket pesawat dan pengeluaran pribadi lainnya.

Anda ingin berwisata ke Tambrauw? Silahkan menghubungi saya lewat hp 081332245180 atau lewat email: peace4wp@gmail.com

No comments:

Post a Comment