loading...

Saturday, April 1, 2017

Wisata Alam di Raja Ampat

Pantai Isanak di Raja Ampat
Raja Ampat adalah salah satu destinasi wisata bahari yang terkenal di dunia. Pemandangan bawah lautnya dihiasi oleh terumbu karang dan berbagai spesies ikan yang berwarna-warni. Salah satu wilayah di Raja Ampat yang belum banyak dikenal oleh wisatawan domestik maupun manca-negara adalah Laguna Ikan. Daerah ini memiliki gugusan terumbu karang yang panjang sekali di tengah laut biru, di pulau-pulau kecil, di laguna dan di sepanjang pesisir Pulau Waigeo.

Snorkeling di Pantai Isanak
Terumbu Karang di Pantai Isanak Raja Ampat
Belum lama ini saya berkunjung ke Pantai Isanak yang terletak tidak jauh dari Pulau Utama Waigeo. Saya melihat hamparan pasir putih yang halus sekali, ada berbagai jenis terumbu karang di perairan yang air lautnya jernih sekali. Ikan kakaktua, ikan moorish idol, serta berbagai spesies ikan surgeon dan ikan kupu-kupu bisa dilihat di sana.
Menurut warga setempat perairan di sekitar pantai ini lagi dikenakan SASI. Ini istilah yang dipakai oleh masyarakat untuk menyatakan bahwa Siapapun dilarang mengambil hasil laut yang ada di pulau tersebut hingga jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, nelayan tidak boleh menangkap ikan, bia-lola atau teripang di pulau itu. Ketika SASI dinyatakan selesai dan dibuka maka mereka boleh memanen hasil lautnya.

Nonton Burung Cendrawasih Merah
Cendrawasih Merah (Paradisaea rubra)
Selain menikmati keindahan perairan bahari Raja Ampat, saya juga menyempatkan diri menjelajah hutan hujan tropis di Pulau Waigeo. Saya beruntung karena bisa menonton burung Cendrawasih Merah/ Red Birds of Paradise (Paradisaea rubra). Ada juga burung-burung lain seperti Kakaktua, Frigate, Pigeon, Tern, dan Parrot yang berhasil saya lihat di sana.

Laguna Ikan
Laguna Ikan
Di Laguna Ikan, saya menyusuri jalan raya yang baru dibuka menembus hutan belantara Pulau Waigeo. Pepohonan hijau yang tumbuh di lereng gunung yang terjal merupakan pemandangan alam Raja Ampat Timur yang perlu pula dilihat oleh wisatawan. Ini merupakan lokasi yang ideal untuk pengamatan burung dan satwa liar.
Laguna Ikan merupakan perairan yang terlindungi dan tenang karena dikelilingi oleh pulau-pulau karst. Ada banyak ikan dan satwa laut lainnya yang hidup dan berkembang biak di dalamnya. Saat berada di sana, saya mendaki sebuah tanjung dan sebuah pulau untuk mencari lokasi di mana saya bisa melihat gugusan pulau-pulau karst yang membentuk Laguna Ikan tersebut. Sayang sekali saya belum dapat menemukan titik pandang yang bisa melihat semuanya. Namun demikian pemandangan dari atas tanjung dan pulau tersebut indah sekali.
Berkunjung ke Laguna Ikan
Perairan luar Laguna Ikan
Hingga saat ini belum tersedia transportasi umum kapal cepat ke Laguna Ikan. Akibatnya wisatawan yang ingin ke sana harus mencarter perahu. Saya sarankan wisatawan yang mau ke Laguna Ikan agar pergi secara grup sekitar 5 sampai 10 orang agar biaya bisa ditanggung bersama.
Booking
Jika Anda dan teman-teman berminat berkunjung ke Raja Ampat Timur dan memerlukan saya sebagai pemandu, silahkan menghubungi saya (Charles Roring) lewat email: peace4wp@gmail.com atau lewat whatsapp +6281332245180

No comments:

Post a Comment