loading...

Friday, December 1, 2017

Jalan-jalan ke Raja Ampat

Beberapa hari lalu saya berkunjung ke kepulauan Raja Ampat. Dari kota Sorong, saya naik kapal cepat Marina Express. Harga tiketnya cukup terjangkau, sekitar 135 ribu rupiah per penumpang. Waktu yang ditempuh kapal tersebut sekitar 2 jam. Setelah tiba di Pelabuhan Waisai, saya langsung melanjutkan perjalanan ke kawasan pesisir selatan dari Pulau Waigeo. Di sana ada sebuah pantai pasir putih yang cocok untuk kegiatan renang, snorkeling, maupun scuba diving. Terumbu karang di perairan itu sangatlah bagus sehingga menjadi habitat alami bagi ratusan spesies ikan. Beberapa di antaranya adalah butterflyfish, striped surgeonfish, convict surgeonfish, diagonal sweetlips, anemonefish serta moorish idol.
Pinon Imperial Pigeon
Hutan di sekitar pantai itu merupakan rumah bagi beberapa spesies burung seperti kakaktua putih, kakaktua raja, eclectus parrot, mina wajah kuning (yellow-faced myna), cendrawasih merah (Paradisaea rubra), kukabara perut merah (rufous-bellied kookaburra), spangled drongo, dan masih banyak lagi spesies lainnya.
Pantai Paradisea di Pulau Waigeo, Raja Ampat
Oleh karena itu pantai ini layak disebut pantai surga atau paradisea. Ini adalah lokasi wisata yang cocok untuk para pencinta alam. Sebelum ke Raja Ampat, saya telah mempersiapkan diri terlebih dahulu. Saya membawa teropong (10x 42 mm binoculars), spotting scope, dan snorkeling mask. Dengan peralatan tersebut, saya bisa mengamati bermacam-macam burung serta berbagai spesies ikan.
Perairan Raja Ampat
Saya hanya menghabiskan waktu 2 hari selama jalan-jalan ke Raja Ampat. Namun demikian pengalaman wisata yang saya peroleh sangat memuaskan. Sayang sekali, saya hanya membawa kamera biasa dan tidak punya kamera bawah air. Jadi hanya foto pemandangan dan burung saja yang bisa saya sajikan dalam artikel ini.
Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Raja Ampat dan ingin melihat keindahan bawah laut di kawasan itu, sebaiknya Anda membawa peralatan snorkeling mask yang lumayan bagus.
Sebagai sebuah destinasi wisata bahari yang penting di Indonesia, Raja Ampat mulai berbenah diri. Pemerintah sudah membangun pelabuhan kapal, bandar udara serta jalan raya. Secara perlahan namun pasti Raja Ampat semakin dikenal di seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment