loading...

Monday, December 11, 2017

Wisata Pengamatan Burung di Pulau Waigeo

Waigeo adalah salah satu pulau besar di Kepulauan Raja Ampat. Daerah ini merupakan daerah tujuan wisata pengamatan burung yang penting di Papua Barat. Ada beberapa spesies yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Beberapa di antaranya adalah Cendrawasih Merah, dan Cendrawasih Wilson. Sebenarnya masih ada banyak spesies burung yang bisa dilihat di pulau tersebut seperti Hooded Butcherbird, Pinon Imperial Pigeon, Blyth's Hornbill, Rufous-bellied Kookaburra, Beach Kingfisher serta Olive-backed Sunbird (yang kata seorang turis, bisa mengambang di udara seperti helikopter).
Dari beberapa perjalanan pengamatan burung yang saya lakukan di Pulau Waigeo, saya berhasil memotret semua burung yang telah saya saya sebutkan di atas.
Olive-backed Sunbird
Olive-backed Sunbird atau Yellow-bellied Sunbird artinya Burung Matahari Perut Kuning. Saya melihatnya saat sedang memakan sari madu bunga kelapa. Saat dia bertengger sejenak di tangkai buah, saya segera memotretnya.
Cendrawasih Wilson
Burung Cendrawasih Wilson ini termasuk sulit untuk bisa dilihat. Wisatawan yang ingin mengamatinya harus bangun pagi-pagi sekali sekitar jam 04.00 dan berjalan kaki mendaki gunung selama kurang lebih satu jam. Saya melakukannya saat memandu seorang wisatawan China dan dua orang pelancong Australia. Saat kami tiba di lokasi pengamatan, hujan deras tiba-tiba turun. Kami pun harus menanti selama 10 jam hingga sore hari untuk melihat burung tersebut. Dan akhirnya Wilson pun turun. Rasa lelah yang telah kami terima selama seharian penantian akhirnya terbayar sudah.
Pulau Waigeo dengan pantai pasir putih dan laut birunya yang jernih merupakan daerah yang layak dikunjungi oleh siapa saja yang tertarik untuk menikmati keindahan alam Papua Barat.
Pantai di Pulau Waigeo

No comments:

Post a Comment