4 Daerah Tujuan Wisata Hiking di Papua Barat

Saturday, September 29, 20120 comments

Sebagai seorang pemandu wisata, saya telah mengantar banyak sekali turis dalam berbagai perjalanan hiking dan camping di Papua Barat. Dari semua daerah tujuan yang telah saya singgah, ada 4 yang sangat bagus.

  • Aiwatar Hill - Bukit ini menduduki tempat teratas dalam daftar destinasi hiking dan camping. Bukit Aiwatar terletak di Distrik Senopi. Untuk mencapai bukit ini, Anda harus terbang ke kota Manokwari dan selanjutnya melalukan perjalanan dengan ke Distrik Kebar. Setelah itu, Anda bisa berjalan kaki atau menumpang truk yang mungkin lewat ke Distrik Senopi. Pagi berikutnya, jika Anda cukup sehat untuk berjalan, anda bisa meninggalkan Senopi di pagi hari dengan berjalan ke Aiwatar. Pemandangan hutan hujan tropis dengan beberapa sungai kecil dan besar akan membuat Anda merasa seakan-akan berada di negeri antah berantah. Selama perjalanan hiking atau trekking menembus hutan hujan tropis Senopi, kemungkinan, Anda akan melihat rusa, burung surga/ cendrawasih, luri, kakaktua raja, kanguru dan berbagai binatang yang hidup di daerah itu. Jangan kuatir, di Papua tidak ada binatang buas.

  • Sungai Asai - Destinasi perjalanan wisata hiking dan camping ini terletak di kawasan pantai utara Manokwari. Hutannya masih kaya dengan keanekaragaman hayati. Daerah ini merupakan habitat alami dari kuskus, kakaktua putih dan kanguru dan ular. Saat Anda berjalanan semakin jauh ke dalam hutan, Anda akan melihat burung-burung dan tanaman yang unik. Anda akan dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan yang sebagian besarnya berwarna hijau. Jangan lupa untuk membawa sleeping bag dan tenda untuk berkemah yang tahan air jika Anda ingin berkemah di tepi Sungai Asai selama beberapa hari.
  • Camp Dopi - Ini adalah destinasi tur hiking dan camping yang tidak jauh dari kota Manokwari. Jadi ini merupakan daerah tujuan yang murah dibandingkan dengan dua destinasi lainnya yang sudah saya sebutkan di atas. Saya telah memandu wisatawan Eropa dan Amerika ke Sungai Dopi. Burung taun-taun (rangkong) biasanya terbang di atas kepala kita ketika kita berjalan menembus daerah aliran sungai. Jika anda menghabiskan sekurang-kurangnya waktu satu malam di tepi sungai Dopi, Anda akan memperoleh kesempatan untuk pergi ke tempat burung-burung surga berdansa. Soa-soa, kanguru, dan rusa hidup di hutan ini juga. Anda mungkin bisa melihat mereka ketika menjelajah hutan di sekitar Sungai Dopi. Jika Anda ingin menonton burung-burung surga (lesser birds of paradise/ paradisaea minor), jangan lupa untuk membawa teropong (kijker), kamera telefoto dengan baterai cadangan.
  • Camp Mawowi - camp ini terletak di sisi timur pegunungan Arfak. Camp Mawowi merupakan destinasi penting bagi para birdwather yang ingin menonton burung Cendrawasih yang dalam bahasa Inggris disebut Lesser Birds of Paradise. Di malam hari, pemandu lokal yakni Oom Yunus akan meniru suara kuskus betina guna menarik kuskus jantan datang mendekat. 
Silahkan menghubungi saya lewat e-mail ke peace4wp@gmail.com, jika ingin mengambil paket tur di 4 destinasi yang saya telah jelaskan di atas. Untuk semua perjalanan hiking di dalam hutan tropis Papua Barat, bawalah tenda. Jika Anda mengambil tur dari saya, maka Anda tidak perlu membawanya. Jika Anda memutuskan untuk membawa tenda sendiri, pastikan bahwa tenda itu tidak akan bisa dimasuki air saat hujan. Bahannya juga harus ringan.

Peralatan GPS dan jam tangan hiking
Di samping tenda dan tas hiking yang baik, Anda memerlukan peralatan GPS dan jam tangan hiking yang than air. Alat ini akan membantu menuntun Anda ketika berjalan di dalam hutan dan menentukan posisi serta rute-rute. Karena GPS atau jam tangan hiking bisa menunjukkan posisi Anda di peta, Anda akan mengetahui jalur tercepat untuk tiba di daerah tujuan atau spot pengamatan burung yang dikehendaki. Beberapa jam tangan hiking bahkan bisa menghitung laju debar jantung. Jika Anda tidak tahu toko yang menjual peralatan seperti itu, pesan saja peralatan GPS dan jam tangan hiking dari toko Amazon di bawah ini. oleh Charles Roring
Silahkan baca artikel yang sama dalam bahasa Inggris di 3 Hiking and Camping Trip Destinations in West Papua
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jelajah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger