Liburan Murah Meriah di Raja Ampat

Sunday, November 4, 20120 comments

Banyak orang yang ingin sekali pergi ke Raja Ampat - kawasan wisata bahari yang terpopuler di Indonesia. Tapi saat mereka melihat betapa besar biaya yang harus dihabiskan untuk ke sana maka kebanyakan calon pelancong tersebut mengurungkan niat liburan mereka. Bila kita melihat berbagai paket tur yang ditawarkan oleh sejumlah agen perjalanan wisata di internet maka harga yang ditawarkan tergolong mahal. Mulai dari 7 juta hingga 30 juta/orang/minggu. Harga tur begitu tinggi disebabkan oleh mahalnya biaya transportasi. Oleh karena itu, masih sedikit sekali wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Kepulauan Raja Ampat. Raja Ampat pertama kali dipopulerkan oleh para pencinta olah raga selam dari luar negeri yang kebanyakan memilih naik kapal-kapal liveaboard.

Tapi jangan kuatir. Saya pribadi sudah pernah pergi ke Raja Ampat dengan biaya yang sangat murah. Caranya mudah saja. Bila Anda tinggal di Pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa atau Sulawesi, berangkatlah ke kota Sorong dengan naik kapal PELNI. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Waisai (ibukota Kabupaten Raja Ampat) dengan naik kapal cepat. Bilang saja ke tukang ojek untuk mengantar Anda ke Pelabuhan Rakyat. Harga tiket dari Sorong ke Waisai antara Rp. 120.000 hingga Rp. 200,000 tergantung kecepatannya. Ada beberapa buah hotel di kota Waisai dengan kisaran harga dari Rp. 350,000 hingga Rp. 500,000 per malam.

Sewaktu saya berada di Waisai, saya tidak tinggal di hotel melainkan di Mess Departemen Kehutanan bersama-sama dengan beberapa mahasiswa jurusan Geologi dari Universitas Papua yang hendak melakukan Kerja Praktek Lapangan di Raja Ampat. Oleh karena itu saya tidak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk penginapan.
Sangat saya sarankan agar para pelancong yang ingin mengunjungi Kepulauan Wayag supaya berangkat ke Raja Ampat dalam rombongan berjumlah 5 hingga 10 orang guna menekan biaya sewa perahu motor ke daerah itu. Bila biaya sewa perahu motor sebesar 4 juta rupiah ditanggung bersama maka harganya akan menjadi lebih murah.
Cara murah lainnya untuk mengelilingi Waisai adalah dengan naik sepeda. Sayang sekali, hingga saat ini belum ada bisnis persewaan sepeda di Waisai. Mungkin Anda tertarik untuk pindah ke sana dan membuka usaha itu. Jika memungkinkan bawalah sepeda saat Anda hendak berangkat. Berkeliling kota Sorong dan Waisai dengan naik sepeda akan sangat mengurangi biaya perjalanan Anda. Memang Anda akan mengalami sedikit kerepotan saat mengangkutnya ke kapal atau pesawat. Bukankah saat ini sudah ada sepeda lipat? Alternatif lainnya, adalah mencoba menyewa sepeda di kota Sorong untuk dibawa ke Waisai dengan kapal cepat. 
Selain Pulau Waigeo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, destinasi wisata penting di Kabupaten Raja Ampat adalah Kepulauan Misool. Untuk berkunjung ke Kepulauan Misool, Anda bisa naik kapal Sabuk Nusantara dari Pelabuhan Sorong ke Kampung Harapan Jaya. Harga tiketnya sekitar Rp. 30,000 (ya, cuma tiga puluh ribu rupiah). Murah kan? Bawalah peralatan snorkeling dan kamera bawah air jika Anda ingin menikmati pemandangan laut yang begitu memukau di daerah itu.
Sebelum ke Kampung Harapan Jaya, jangan lupa membeli biskuit, baterai ekstra untuk kamera serta perlengkapan lainnya di kota Sorong. Sediakan waktu minimal 1 sampai 2 minggu untuk perjalanan Anda di Kabupaten Raja Ampat. oleh Charles Roring
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jelajah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger