loading...

Saturday, December 8, 2018

Wisata Bahari di Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat di Provinsi Papua Barat adalah salah satu destinasi wisata bahari yang terpopuler di Indonesia. Keindahan terumbu karang dan keanekaragaman biota lautnya menurut para ahli adalah yang tertinggi di dunia. Ada ribuan spesies ikan dan hewan laut lainnya yang hidup di perairan Raja Ampat. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika banyak sekali penikmat wisata bahari dari berbagai negara yang suka ke Raja Ampat. Mereka ke sana untuk berenang, snorkeling dan menyelam. Banyak juga wisatawan domestik yang suka ke sana untuk melihat pemandangan pulau-pulau hijau di perairan berwarna turquoise yang indah sekali.
Wisata Bahari keliling Raja Ampat
Wisata Bahari Keliling Raja Ampat
Ada sekitar 610 pulau di kabupaten maritim ini. Jika ditambah dengan gugusan karang yang kecil-kecil maka jumlahnya bisa mencapai lebih dari 1500 buah. 
Untuk melihat keindahan alam bahari Raja Ampat, para pelancong memerlukan perahu motor. Harga sewanya relatif mahal karena bahan bakar harus diambil dari kota Sorong atau Waisai yang jauh sekali jaraknya. Agar biaya wisata ke Raja Ampat lebih murah, kebanyakan wisatawan pergi secara berkelompok dengan jumlah sekitar 8 sampai 10 orang. Ada banyak penginapan sederhana yang tersedia di berbagai pulau di sana seperti Waigeo, Gam, Kri, Mansuar, Batanta, Salawati hingga Misool. Kebanyakan penginapan itu dikelola oleh masyarakat setempat. Ada juga resort dengan kamar yang mewah dibangun di pesisir pantai. Harganya lumayan mahal karena dikelola secara profesional oleh perusahaan-perusahaan milik swasta nasional dan manca negara.
Keliling Pulau-pulau Karst di Teluk Kabui
Pulau-pulau Karst di Kepulauan Raja Ampat
Bagaimana ke Raja Ampat
Caranya mudah saja. Pertama-tama Anda berangkat dari kota Anda ke Sorong. Ada penerbangan reguler yang di sediakan oleh maskapai penerbangan milik pemerintah maupun swasta ke kota Sorong seperti Garuda, Sriwijaya, Batik, Nam, Lion Air. Setelah tiba di bandara Domine Eduard Osok, wisatawan perlu ke Pelabuhan Rakyat untuk naik kapal cepat ke Waisai (ibu kota kabupaten Raja Ampat).
Dari Waisai, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke pulau-pulau sesuai dengan yang diinginkan. Ada banyak sekali pantai, kampung, atau pulau yang bisa dikunjungi. Untuk memotret pemandangan indah, wisatawan bisa ke Pasir Timbul, Wayag, Piaynemo, Laguna Ikan, Arborek serta Teluk Kabui.
Bagi para pelancong yang punya duit lebih, perjalanan ke Misool atau Kofiau juga bisa dilakukan.

Tempat Menginap
Raja Ampat Flow (RAFLOW) Resort yang terletak sekitar 20 menit berkendara dari Pelabuhan Waisai adalah tempat yang bagus sekali untuk menginap. Ada 15 bungalow dan 5 kamar standard tersedia untuk wisatawan yang ingin berlibur di Raja Ampat.
RAFLOW Resort menyediakan pula peralatan snorkeling seperti mask, snorkel, serta pelampung yang bisa dipakai oleh tamu yang ingin menikmati snorkeling. 
Menikmati Keindahan Alam
Para pelancong yang ingin melihat keindahan dunia bawah laut di Raja Ampat bisa menikmati wisata renang snorkeling di kawasan terumbu karang. Harap membawa masker, pipa bernafas (snorkel), serta kaki bebek (fins) sendiri. Sebuah kamera aksi yang kedap air seperti GoPro atau Brica B-Pro5 akan sangat bermanfaat untuk memotret ikan, bintang laut, anemone dan ribuan jenis ikan dan satwa laut lainnya. 
Hutan hujan tropis di Raja Ampat merupakan habitat alami bagi berbagai spesies burung. Ada Kakaktua Raja, Kakaktua Putih, Eclectus Parrot, Raja Udang Paruh Kuning, Raja Udang Pantai dan lain-lain. Untuk menontknnya, wisatawan perlu binocular dan kamera telefoto seperti Nikon P900 dan Nikon P1000. 
Booking
Jika Anda berminat untuk berwisata ke Raja Ampat untuk melihat keindahan alam baharinya dan membutuhkan saya sebagai pemandu wisata. Silahkan menghubungi saya lewat email: peace4wp@gmail.com atau whatsapp: +6281332245180.
Baca juga:

No comments:

Post a Comment