Liburan Murah ke Raja Ampat

Wednesday, February 13, 20132comments

Pemandangan Kepulauan Misool di Raja Ampat dari atas kapal
foto oleh Charles Roring
Semua orang yang pernah melihat keindahan alam Raja Ampat lewat layar televisi atau foto-foto yang ditayangkan di internet pasti ingin sekali ke sana. Memang Raja Ampat saat ini menduduki posisi terpopuler sebagai destinasi wisata bahari di Indonesia. Sayangnya, setelah melihat sejumlah paket wisata yang ditawarkan di internet, banyak sekali calon pelancong yang mengatakan bahwa harganya mahal sekali. 
Sebenarnya harga yang mahal tersebut bisa dihindari jika Anda berani berpetualang di Papua Barat. Untuk menekan biaya, pergilah ke Sorong dengan naik kapal PELNI. Anda bisa memilih kelas ekonomi, atau kelas 3 wisata. Setelah sampai di kota Sorong, perjalanan selanjutnya ke kota Waisai dapat dilakukan dengan naik kapal cepat. Harga tiketnya sekitar Rp. 120.000. Kalau Anda ingin pergi ke Kepulauan Misool, silahkan cari kapal yang tujuannya ke daerah itu di Pelabuhan Rakyat kota Sorong.
Ada seorang kenalan saya yang membawa sepeda gunung ketika naik kapal dari Sorong ke Waisai. Ini tergolong ide bepergian yang unik dan inovatif. Sesampainya di Waisai, dia bisa berkeliling Pulau Waigeo tanpa perlu mengeluarkan biaya transportasi yang cukup mahal. 
Hal yang sama juga berlaku untuk tujuan lain seperti ke Kepulauan Kofiau, Pulau Batanta, atau bahkan ke Pulau Gag. Penduduk di kampung-kampung yang Anda kunjungi akan dengan senang hati menerima wisatawan yang ingin menginap di rumah mereka meskipun kondisi perekonomian mereka cukup sederhana. Namun demikian, jika Anda ingin mengunjungi pulau-pulau yang tidak berpenduduk, jangan lupa untuk membawa portable tent. Pergilah dalam rombongan minimal 2 sampai 4 orang. Hal ini penting bagi Anda terutama kalau hendak menyewa perahu motor sehingga biaya bisa ditanggung bersama. Untuk para pelancong yang menggunakan kamera, belilah baterai tambahan. Masih banyak kampung-kampung yang terletak di daerah terpencil belum memiliki generator listrik. Kalaupun ada, mungkin tidak bisa dijalankan karena rusak atau ketiadaan bahan bakar.
Wisatawan yang berduit bisa membawa kapal sendiri ke daerah ini. Atau mereka dapat pula membeli paket wisata yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan liveboard yang bisa ditemukan di internet. oleh Charles Roring

Share this article :

+ comments + 2 comments

February 16, 2013 at 8:37 AM

Charles salam kenal, sya ingin sekali bertualang ke R4 spt yg anda katakan Penduduk setempat dapat bemberikan penginapan atau bisa Camping di pulau2 kecil, saya rencana ke sana bulan Agustus maunya sih bertualang ada ide ? dan saya juga ingin mencari teman yg mau kesana juga

February 17, 2013 at 4:29 AM

Bung Bennie, seorang petualang sejati biasanya langsung berangkat. Pertanyaan langsung diajukan ke masyarakat setempat sehingga akan lebih akurat. Setelah itu, hasil petualangan tersebut bisa ditulis di blog. Selamat bertualang di RJ4.

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jelajah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger