Pengamatan Burung Pigeon di Hutan Hujan Tropis Manokwari

Thursday, August 15, 20130 comments

Hutan hujan tropis di Manokwari merupakan tempat yang baik untuk mengamati burung-burung pigeons dan doves. Saya telah memandu banyak sekali para pengamat burung pada berbagai perjalanan baik di hutan dataran rendah dan dataran tinggi Papua Barat. Saat ini saya akan menulis sedikit tentang burung pigeons. Nama umum dari jenis burung ini dalam bahasa lokal adalah Kumkum. Masyarakat adat Papua berburu burung ini untuk memakan dagingnya yang lezat.

Pegunungan Arfak dan Pantai Utara

Saya memperkenalkan wisata trekking dan birdwatching di daerah dataran rendah Pegunungan Arfak serta Pantai Utara Manokwari untuk memberdayakan masyarakat setempat dalam mendapatkan penghasilan dari wisata alam sekaligus melestarikan burung serta ekosistem hutan yang penting tersebut. Selama melakukan perjalanan pengamatan burung dengan para wisatawan asing yang datang dari berbagai negara, kami melihat burung Pinon Imperial Pigeon (kumkum besar), Western Crowned Pigeon (mambruk) dan Papua mountain pigeon (kumkum Papua pegunungan).
Doves atau burung dara memiliki penampilan fisik yang mirip dengan burung kumkum. Burung-burung tersebut biasanya mencarai makan di dekat pohon-pohon buah atau di permukaan tanah yang bersih. Ketika saya menemani wisatawan asing di belantara hutan dari kampung Kwau di Pegunungan Arfak, saya melihat Cinnamon Ground Dove di lereng gunung.
Peralatan Pengamatan Burung
Para pengamat burung biasanya menggunakan binoculars (kijker) serta spotting scope untuk memperbesar citra burung-burung yang ada di kejauhan. Untuk mengambil gambar, atau membuat video dari burung-burung itu, para pengamat burung profesional menggunakan kamera D-SLR dengan lensa telefoto. Para pelancong yang memiliki anggaran terbatas bisa membeli sebuah kamera kecil yang dilengkapi dengan lensa super zoom. Saya rekomendasikan Sony HX300, Canon SX50, Nikon Coolpix P520, dan Fuji Finepix SL1000.
Para wisatawan perlu pula membawa baterai tambahan jika ingin mengunjungi hutan-hutan di Manokwari.
Untuk informasi selengkapnya tentang pengamatan burung dan perjalanan wisata di hutan belantara Papua Barat, silahkan menghubungi saya lewat email di: peace4wp@gmail.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jelajah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger