loading...

Monday, October 21, 2013

Raja Ampat - Destinasi Wisata Bahari Terpopuler di Indonesia

Pulau-pulau batu di Teluk Kabui, Kepulauan Raja Ampat
Pemandangan pulau karst di Teluk Kabui
Raja Ampat adalah salah satu destinasi wisata bahari yang terkenal di Indonesia. Sejumlah pelancong bahkan menyebutnya sebagai yang terindah di dunia. Pemandangan gugusan pulau-pulau karst dan terumbu karang yang bertebaran di Raja Ampat ini menjadikannya bagai surga kecil yang jatuh ke bumi - seperti itulah Papua sebagaimana digambarkan oleh penyanyi Edo Kondologit.
Sayang sekali, banyak orang yang mengeluh bahwa harga perjalanan wisata ke Raja Ampat tergolong mahal. Penyebab utama adalah tingginya biaya transportasi. Meskipun pemerintah telah membangun pelabuhan laut dan udara di Waisai (ibukota kabupaten Raja Ampat), arus lalu lintas penumpang dan barang ke Raja Ampat masih kecil. Di samping itu pula, Pertamina belum membangun stasiun pompa bensin maupun solar di sana sehingga para pemilik speed boat dan kapal harus membeli bahan bakar di kota Sorong. Pada malam hari, warga kota Waisai harus menjalankan generator listrik milik pribadi untuk menerangi rumah-rumah mereka.
Pemandangan alam Piaynemo Karst di Raja Ampat Indonesia
Piaynemo Karst
Letak pulau-pulau yang berjauhan di Raja Ampat juga menjadi penyebab mahalnya ongkos transportasi. Meski demikian, jumlah wisatawan manca negara dan domestik yang ke Raja Ampat mengalami peningkatan setiap tahun. Para pemilik resort dan tour operator terus berupaya untuk mempromosikan Raja Ampat di internet. Sebagai pemandu wisata, saya juga ikut menulis artikel mengenai pariwisata di Raja Ampat lewat blog ini maupun di website lainnya sebagai upaya untuk mempromosikan Raja Ampat.
Terumbu karang dengan beragam jenis biota laut menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang suka snorkeling dan scuba diving. Para penyelam bisa mengambil paket wisata yang ditawarkan oleh sejumlah tour operator yang menggunakan kapal layar model phinisi sebagai liveaboard. Harga paket wisata berkisar antara 20 juta hingga hampir 100 juta rupiah - tergantung cakupan wilayah yang hendak dikunjungi dan lama waktu yang dihabiskan oleh wisatawan mengelilingi ribuan pulau yang ada di Raja Ampat.
Bagi wisatawan non-diver, perjalanan ke Raja Ampat juga tetap relevan karena mereka bisa melihat pemandangan laut dan pulau yang indah bagai permata hijau di katulistiwa. Mereka bisa pula menikmati dunia bawah laut dengan memberi makan ikan di pinggir pantai. Raja Ampat memang daerah tujuan wisata yang perlu dikunjungi oleh para pencinta alam agar mereka bisa lebih menghargai kebesaran dan keangungan sang pencipta.
Jika Anda tertarik berlibur ke Raja Ampat dan membutuhkan pemandu dan paket wisata, silahkan menghubungi saya Charles Roring lewat E-mail: peace4wp@gmail.com atau whatsapp: +6281332245180.

Baca juga:
Wisata Pengamatan Burung di Pulau Waigeo
Kepulauan Raja Ampat
Paket Wisata Raja Ampat
Wisata Alam di Raja Ampat
Jalan-jalan ke Raja Ampat

No comments:

Post a Comment