Sunday, October 5, 2014

Berwisata ke Hutan Lembah Klasow di Sorong

Kota Sorong di Provinsi Papua Barat adalah pintu masuk utama bagi para wisatawan yang ingin pergi ke Kepulauan Raja Ampat - sebuah destinasi wisata bahari yang terpopuler di dunia. Kota Sorong terletak di daratan utama Papua. Sayang sekali informasi yang tersedia mengenai atraksi wisata di Kabupaten Sorong sangatlah sedikit. Daerah pinggiran kota Sorong didominasi oleh pegunungan, dataran rendah serta kawasan rawa-rawa.

Lembah Klasow
Di sebelah timur kota Sorong ada sebuah lembah yang luas sekali. Namanya Lembah Klasow. Tanahnya yang datar dan dialiri sungai-sungai kecil dan besar serta ditutupi oleh hutan hujan tropis merupakan daya tarik wisata bagi para pelancong dari dalam dan luar negeri. Berbagai jenis pohon seperti beringin, matoa dan kayu besi, rotan, pandanus dan tanaman palma tumbuh di hutan itu. Jika Anda berwisata di dalam hutan menyusuri jalan setapak dan sungai-sungai kecil, Anda akan melihat burung-burung berkicau di sela-sela dahan. Ada juga kupu-kupu dan serangga kecil yang mengisap madu dari bunga-bunga liar yang tumbuh di sana.

Pengamatan Burung dan Satwa Liar
Bawalah teropong (kijker) jika Anda ingin melihat burung-burung Papua. Beberapa di antaranya yang mudah dijumpai adalah kakaktua putih (sulphur crested cockatoo); kakaktua raja (goliath cockatoo), taun-taun (blyth's hornbill), dan kumkum (pinon imperial pigeon). Untuk pemotretan burung, gunakan kamera D-SLR dengan lensa telefoto minimal 600 mm atau kamera bridge tipe Nikon Coolpix P900 yang memiliki kemampuan zoom yang besar sekali.


Kuskus biasanya keluar dari persembunyiannya untuk mencari makan dan kawin di malam hari. Begitu pula dengan Lao-lao (sejenis kanguru tanah). Bawalah senter dan kamera yang dilengkapi blitz untuk melakukan pemotretan di malam hari.

Di mana Lembah Klasow berada?
Lihatlah peta berikut ini. Lembah Klasow terletak di sebelah timur kota Sorong dan dapat dicapai dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 1,5 jam.

Bagaimana cara ke sana?
Terbanglah dari kota Anda ke kota Sorong. Beberapa maskapai penerbangan yang ke Sorong antara lain Garuda Indonesia, Sriwijaya, Lion/ Wings Air dan Express Air.

Apa yang perlu dipersiapkan?
Belilah bahan makanan dan minuman di pasar atau supermarket yang secukupnya untuk Anda dan para pemandu lokal (kurang lebih 2 - 4 orang), tergantung jumlah peserta tur.
Bawalah baterai ekstra untuk kamera jika Anda ingin berada di hutan selama beberapa hari.
Belilah sebotol cairan anti serangga untuk diusapkan ke sekujur tubuh Anda saat berada di hutan termasuk di permukaan kulit yang tertutup pakaian.
Di hutan ada kamp yang sudah disiapkan untuk wisatawan. Kalau Anda ingin tidur lebih nyaman bawalah sleeping bag.

Ekowisata versus Logging
Inisiatif ekowisata ke hutan hujan tropis di Lembah Klasow masih berada dalam tahap awal. Oleh karena, kami mohon agar wisatawan bisa lebih toleran jika melihat bahwa pemandu wisata lokal dan penduduk setempat kurang memiliki pengalaman dan profesionalitas yang cukup selama melayani Anda. Tujuan utama dari program ekowisata di Lembah Klasow dan sekitar kampung Malagufuk untuk membantu masyarakat setempat mengurangi dan bahkan menghentikan kegiatan penebangan pohon (logging) serta memberikan alternatif pendapatan lewat pariwisata.
Untuk informasih lebih lanjut mengenai biaya perjalanan, silahkan menghubungi saya (Charles Roring) lewat e-mail: peace4wp@gmail.com atau ponsel 081332245180.

No comments:

Post a Comment