Monday, December 21, 2015

Musim Durian di kota Manokwari

Durian adalah buah tropis yang sangat terkenal di Indonesia. Kalau lagi musim durian, kita bisa menikmatinya dengan harga yang sangat terjangkau. Kebetulan saat ini di kota Manokwari sedang ada musim durian. Buah berduri ini sudah mulai ditawarkan di pasar, di emperan pertokoan sejak awal bulan desember. Banyak orang membelinya karena harganya relatif murah dari 5 ribu rupiah per bulan hingga 30 ribu per buah.
Durian di kota Manokwari
Pertengahan desember ini, musim buah durian sedang mencapai puncaknya. Karena jumlahnya yang sangat banyak di kota ini, buah durian pun dijual ke kota lain menggunakan kapal penumpang Pelni. Nampaknya petugas kapal Pelni seperti KM. Dobonsolo, KM. Labobar dan yang lainnya bisa memaklumi antusias penumpang yang memborong buah durian di pelabuhan. Sebenarnya ada juga buah lain yang berlimpah di pasar seperti rambutan. Tapi cita rasa buah durian yang manis dengan baunya yang khas dan agak tajam lebih dicari para pembeli.
Perlu diperhatikan oleh siapa saja yang gemar makan durian:
  • Durian memiliki kadar gula yang tinggi sehingga banyak orang yang mempercayai bahwa buah ini bisa menjadi pengganti obat kuat dalam menyuplai energi.
  • Buah durian adalah buah yang panas, jadi tidak disarankan untuk dimakan oleh ibu hamil terutama yang kehamilannya masih muda. Di samping itu pula, kalau seseorang yang kebanyakan makan durian di malam hari akan sulit tidur karena merasa badannya panas. 
Saya pernah di hubungi oleh seorang wisatawan Italia yang ingin ke Papua khusus untuk makan durian. Padahal, setahu saya mayoritas orang barat kurang menyukai buah durisn karena baunya yang menyengat terutama jika ditaruh di tempat tertutup. Kebetulan sekarang masih banyak durian di kota ini, jika Anda berminat untuk makan durian yang banyak, terbanglah kemari. Oleh Charles Roring untuk indonesia-jalan.blogspot.com

No comments:

Post a Comment