Saturday, January 28, 2017

Liburan Snorkeling di Pulau Mansinam Manokwari

Terumbu Karang di Perairan Manokwari
Pulau Mansinam telah lama dikenal sebagai lokasi liburan bagi wisatawan domestik maupun manca negara. Pulau ini berada di dekat kota Manokwari (ibukota Provinsi Papua Barat). Terumbu karang yang didiami ikan tropis berwarna-warni dapat ditemukan hidup di perairan Pulau Mansinam. 
Jika kita berenang dan snorkeling di pesisir selatan Mansinam, kita melihat parrotfish, damselfish, moorish idol, anemonefish, butterflyfish serta berbagai spesies ikan lainnya yang biasanya hidup di terumbu karang.
Sebagian besar pulau ini masih ditutupi oleh hutan, oleh karena itu, wisatawan dapat pula jalan-jalan mengitari pulau melalui lintasan beton. Ada burung-burung, kupu-kupu, kumbang, bunga-bunga liar dan berbagai jenis pohon yang bisa dilihat di sana. 

Penginapan Doreri
Ada sebuah penginapan yang terletak di pesisir selatan Pulau Mansinam. Namanya Penginapan Doreri (Doreri Guesthouse). Ada 24 kamar di penginapan itu. Harga per malamnya Rp. 500.000 per malam untuk 2 orang (sarapan pagi disediakan).
Pengelola penginapan, bisa mengatur penjemputan bagi wisatawan dari bandara ke penginapan Doreri dengan biaya Rp. 200.000.
Wisatawan yang tinggal di penginapan ini bisa menikmati renang dan snorkeling sepuasnya. Mereka bisa pula berolahraga jogging di pagi dan sore hari di sepanjang jalan di Pulau Mansinam yang sebagian besarnya masih ditutupi pepohonan hijau.
Pengelola penginapan ini adalah penduduk Pulau Mansinam itu sendiri. Jadi, jika Anda berlibur di Manokwari dan menginap di Penginapan Doreri maka Anda secara langsung telah menunjang pekerjaan warga setempat dalam melestarikan ekosistem terumbu karang dan hutan pulau tersebut. 
Kamar di Penginapan Doreri
Pemesanan kamar (booking)
Silahkan Anda menghubungi Salo 081284333345 atau Charles 081332245180

Apa yang perlu dibawa?
Jika Anda ingin berlibur di Pulau Mansinam selama beberapa hari maka disarankan untuk membawa:
  • Snorkeling mask, snorkel dan fins
  • Kamera bawah air
  • Lotion sun-block dan anti serangga seperti Autan
Jika Anda tidak berenang dan hanya ingin menikmati Pemandangan Alam maka Anda tetap bisa berkunjung ke Pulau Mansinam. Ada jalanan yang terbuat dari beton mengelilingi pulau tersebut. Anda bisa melihat kupu-kupu yang beterbangan di sela-sela pepohonan hijau. Anda dapat pula mengunjungi situs-situs bersejarah yang ada di pulau ini atau berkunjung ke kampung masyarakat asli Papua yang tinggal di Pulau Mansinam.

Di mana Pulau Mansinam dan Doreri Guesthouse?
Pulau Mansinam ada di dekat kota Manokwari (ibukota Provinsi Papua Barat) Dengan perahu motor (taksi air) lama perjalanan hanya 15 menit.


Bagaimana Caranya Ke sana?
  • Terbanglah dari kota Anda ke kota Manokwari.
  • Setiap hari ada penerbangan antara Manokwari dan Jakarta yang dilayani oleh Garuda, Sriwijaya Air, Nam Air, Express Air. Ada pula Wings Air yang menghubungkan Manokwari dengan kota-kota di Papua Barat dan Maluku.
  • Ketika Anda tiba di Manokwari, kami bisa menemui Anda di bandara dan mengatur perjalanan Anda ke Pulau Mansinam.
Semoga, liburan Anda di Pulau Mansinam dan kota Manokwari menjadi berkesan.


No comments:

Post a Comment