Jalan-jalan ke Desa Tincep sentra penjualan bunga di Minahasa

Wednesday, November 7, 20120 comments

Setelah banyak bercerita tentang liburan murah di Raja Ampat, Numfor dan Manokwari yang sebagian besarnya di Papua, kini saya akan bercerita sedikit tentang perjalanan saya di Sulawesi Utara. Kali ini, saya tidak akan bercerita tentang Bunaken melainkan tentang Tincep.
Tincep, kampung bunga
Mungkin nama itu baru atau terasa asing di telinga Anda. Tincep adalah sebuah desa kecil di Kabupaten Minahasa. Desa ini terkenal dengan pasar bunganya. Di sepanjang jalan dan lorong-lorong di kampung itu, berwarna-warni bunga dipajang penduduk di halaman rumah mereka. Sudah sejak lama Tincep dikenal di Provinsi Sulawesi Utara sebagai sentra penjualan bunga di samping kota Tomohon. Hamparan sawah hijau baik yang datar maupun yang berbentuk terasering menghiasi pandangan mata sepanjang perjalanan sesaat sebelum memasuki kampung Tincep.
Ramai di Akhir Pekan
Meskipun jaraknya yang agak jauh dari kota Manado, kampung ini ramai dikunjungi para pencinta bunga di hari Sabtu dan Minggu. Kebanyakan dari mereka datang dengan menggunakan kendaraan beroda empat agar bisa membawa bunga-bunga, yang pada umumnya telah ditanam dalam pot, yang dibeli langsung ke rumah masing-masing. Sebenarnya, bukan hanya masyarakat Sulawesi Utara saja yang suka berbelanja bunga di desa Tincep. Ada juga pembeli yang datang dari kota-kota yang jauh seperti Makassar, Jakarta dan Surabaya. Hal ini bisa terjadi karena lancarnya transportasi yang menghubungkan kota-kota besar tersebut dengan Manado. Setelah calon pembeli bunga tersebut tiba di Manado, mereka bisa langsung pergi ke Tincep dengan mobil. Ada sejumlah wisatawan yang datang dari daerah-daerah lain di Indonesia yang membeli bunga di Tincep dan ingin membawa pulang tanaman tersebut dengan pesawat. Untuk maksud tersebut, mereka harus menghubungi pihak karantina bandara guna memperoleh surat izin.
Air Terjun
Sebenarnya, Tincep, sebagai daerah tujuan wisata memiliki pula daya tarik lain di samping bunga. Ada beberapa buah air terjun yang cukup tinggi dan bisa dilihat langsung dari jalan raya. Karena lokasi air terjun tersebut yang cukup curam, saya sarankan agar Anda tidak berjalan terlalu dekat ke tepi jurang.
Anda dapat pula mengikuti kegiatan arung jeram di Kampung Timbukar yang letaknya tidak jauh dari kampung Tincep. Bila ingin menginap, Anda bisa mencari penginapan terdekat yang terletak di kecamatan Sonder atau kota Tomohon.
Mujair Rica-rica di Sonder
Jangan lupa jika setelah berkunjung melihat bunga-bunga nan indah di Tincep, Anda perlu mampir di Sonder. Di sana Anda bisa menikmati ikan bakar mujair yang disajikan dengan dabu-dabu yang lezat rasanya. Uniknya, restoran yang Anda akan jumpai di Sonder adalah yang dibangun di atas air.
Ikan mujair rica-rica biasanya disajikan bersama tumis kangkung dan hidangan lainnya sesuai pesanan pembeli. Semoga informasi singkat tentang pariwisata di Sulawesi Utara ini bermanfaat buat Anda. Selamat berlibur dan jangan lupa untuk berhati-hati dalam perjalanan. oleh Charles Roring
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jelajah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger