Wisata Bahari di Kaimana

Friday, November 9, 20120 comments


oleh Charles Roring
Selama ini kota Kaimana lebih dikenal di Indonesia lewat lagu Alfian yang berjudul, Senja di Kaimana. Tetapi sebenarnya kabupaten ini memiliki sejumlah tempat yang patut dikunjungi oleh para pelancong yang suka dengan pemandangan alam. 
Pantai-pantai dan pulau-pulau sunyi
Teluk Triton, Selat Iris, Pulau Namatote; Aiduma; Dramai; Adi; Nusurumi; Mauwara; Semisarom; dan Venue memiliki keindahan yang luar biasa dan bisa disejajarkan dengan berbagai destinasi wisata bahari di belahan dunia lainnya. Banyak pulau dan pantai-pantai berpasir putih di Kaimana yang tidak didiami orang. Selama berada di sana, yang terdengar hanyalah deburan ombak, kicauan burung dan suara daun ditiup angin.

Destinasi Diving Kelas Dunia
Kunjungan saya ke Selat Iris dan Teluk Triton beberapa bulan lalu di sebelah tenggara kota Kaimana telah membuat saya tercengang-cengang dengan panorama alam Papua yang masih perawan tersebut. Memang kebanyakan masyarakat Indonesia belum mengenal Teluk Triton dan Selat Iris ataupun Pulau Adi. Oleh karena itu saya menulis artikel yang pendek ini untuk memperkenalkan tempat-tempat tersebut kepada pembaca. Bila Anda adalah seseorang yang hobi menyelam atau snorkeling, maka Triton adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Setiap tahun, mulai bulan Oktober hingga Maret, kapal-kapal liveaboard yang membawa para penyelam asing datang ke Kaimana. 
Soft coral dan hardcoral di daerah itu merupakan surga bawah laut yang ingin mereka lihat. Ada ribuan spesies ikan yang menarik di Kaimana. Salah satunya adalah walking shark atau hiu berjalan (Hemiscyillum henryi). Ikan ini merupakan species yang endemik di perairan tersebut. 
Hiu Paus, Paus dan Lumba-lumba
Selain menyelam di kawasan terumbu karang yang berwarna-warni, wisatawan dapat pula melihat ikan hiu paus (whale shark) yang datang untuk menikmati sarapan ikan puri di bagan-bagan milik para nelayan. Wisatawan dapat pula menyelam atau snorkeling bersama-sama dengan ikan hiu paus namun dengan tetap tidak mengganggu kenyamanan mereka.
Bila musim timur tiba dengan gelombangnya yang besar-besar, maka banyak ikan-ikan kecil mencari perlindungan di dalam Teluk Bitsyari dan Teluk Triton. Hal itu menarik predator mereka yang merupakan ikan-ikan besar untuk ikut masuk ke dalam teluk-teluk itu guna mencari makanan. Lumba-lumba juga banyak dijumpai di perairan Kaimana. Mereka sering mengiringi perahu-perahu motor yang melaju menuju Teluk Triton atau kembali ke kota senja yang indah dan permai tersebut.
Penerbangan ke Kaimana
Maskapai penerbangan Lion/ Wings air dan Express Air melayani penerbangan ke kota ini dari kota-kota besar di Indonesia. Kunjungi masing-masing website dari maskapai penerbangan tersebut atau hubungi agen perjalanan di kota Anda untuk membeli tiket penerbangan ke Kaimana.
Hotel
Kaimana Beach Hotel terletak tidak terlalu jauh dari bandara Utarom saat ini merupakan hotel yang terbesar di Kaimana. Harga kamarnya sekitar Rp. 300 - 400 ribu/malam. Ada juga beberapa hotel kecil di dalam kota Kaimana dengan harga yang lebih murah.
Ingin ke Kaimana?
Hubungi email saya: peace4wp@gmail.com.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jelajah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger